Kamis, 23 April 2015

Cara Melakukan Uji Statistik Deskriptif dengan Software SPSS

Cara Melakukan Uji Statistik Deskriptif dengan Software SPSS | Dalam sebuah penelitian deskripsi data itu penting untuk memberikan gambaran data yang sobat teliti. Disamping itu dengan adanya deskripsi data, para pembaca akan lebih mudah untuk mengetahui paparan data dalam sebuah penelitian secara lebih terperinci dan jelas.

Software SPSS adalah program canggih yang salah satu fiturnya mampu membantu untuk melakukan Statistik Deskriptif data penelitian. Bagi sobat yang belum mempuyai software ini dapat
 Download Software SPSS Semua Versi Lengkap. Fungsi dari Statistik Deskriptif adalah memberikan gambaran atau deskripsi suatu data yang dilihat dari nilai rata-rata (mean), standar deviasi, varian, maksimum, minimum, sum, range, kurtosis dan skewness (kemencengan distribusi).

Untuk mempermudah pemahaman sobat dalam melakukan statistik deskriptif dengan sofwere SPSS, berikut kami berikan langkah-langkahnya disertai dengan gambar. Data yang akan kita paparkan adalah data Hasil Belajar 20 siswa dalam mata pelajaran PPKn. Lihat hasil belajar siswa yang dimaksud dibawah ini.

Uji Statistik Deskriptif SPSS

1. Langkah pertama adalah persiapkan data yang akan di analisis (lihat contoh gambar di atas).
2. Buka program SPSS, selanjutnya klik Variable View, dibagian pojok kiri bawah.
3. Pada bagian Name tuliskan Hasil_Belajar, pada bagian Decimals ubah menjadi angka 0, abaikan yang lainnnya.
Uji Statistik Deskriptif SPSS

4. Klik
 Data View (dibagian pojok kiri bawah) dan masukkan hasil belajar siswa, Bisa dilakukan dengan cara copy paste data hasil belajar siswa yang sudah dipersiapkan tadi.
Uji Statistik Deskriptif SPSS

5. Selanjutnya dari menu utama SPSS, pilih Analyze, kemudian pilih sub menuDescriptive Statistic, lalu pilih Descriptives 

Uji Statistik Deskriptif SPSS

6. Nah, sekarang sudah tampilil kotak dialog baru
 windows Descriptives. Kemudian isikan veriable (s) dengan data Hasil_Belajar. Abaikan yang lainnya.
Uji Statistik Deskriptif SPSS

7. Langkah selanjutnya, untuk menganalisis statistic deskriptif apa saja yang ingin dipilih, maka klik
 Option dan isikan deskripsi statistic yang ingin sobat analisis (mean, standar deviasi, varian, maksimum, minimum, sum, range, kurtosis dan skewness). Seperti tampak pada tampilan di bawah ini.
Uji Statistik Deskriptif SPSS

8. Setelah itu, pilih
 Continue dan OK untuk mengakhiri perintah, selanjtunya akan muncul tampilan Ouput SPSS untuk Statistik Deskriptif Hasil Belajar.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgCa-z1Y7vrk2f88YtN_D0kRJvnU_BYBBTot-i44s78e3nDoOQxFjOyyBE09VkQc8gGl4fVrPGMf4zpUyNwIE9T4nHJkk8trlCO_acZFHeODxW77pj_QQN4SHCDCvmD0CudUz8qrCNDrLA/s1600/img+7.jpg

Output tampilan SPSS menunjukkan jumlah responden (N) ada 20, dari 20 responden ini nilai siswa terkecil (Minimum) adalah 63, dan nilai siswa terbesar (Maximum) adalah 95, rata-rata nilai dari 20 responden adalah 81,15 dengan standar deviasi sebesar 7,673.
 

Kurtosis dan skewness merupakan ukuran untuk melihat apakah data Hasil Belajar PPKn di distribusikan secara normal atau tidak. Skewness mengukur kemencengan dari data dan Kurtosis mengukur puncak dari distribusi data. Data berdistribusi normal mempuyai nilai Skewness dan Kurtosis mendekati nol. Hasil tampilan output SPSS memberikan nilai Skewness dan Kurtosis masing-masing -,074 dan 0,356 sehingga dapat disimpulkan bahwa data Hasil Belajar PPKn terdistribusi secara normal. Nilai Range merupakan selisih nilai minimum dan maximum yaitu sebesar 32 dan nilai Sum merupakan penjumlahan dari 20 responden nilai mereka yaitu sebesar 1623.




0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com