HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI
BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR
EKONOMI SISWA KELAS XI SEMESTER I DI SMAN 01
BANJAR AGUNG KABUPATEN TULANG BAWANG
TAHUN
PEMBELAJARAN 2013-2014
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua dengan Prestasi Belajar, (2) hubungan Motivasi Belajar
Dengan Prestasi Belajar, dan (3) hubungan Status Sosial
Ekonomi Orang Tua, dan Motivasi
Belajar secara bersama-sama dengan Prestasi Belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Al-Iman Banjar Agung Kabupaten Tulang
Bawang Tahun Pembelajaran 2013-2014. Jumlah populasi sebesar 120 siswa dan
sampel yang digunakan adalah 92 Pengumpulan data
dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk
mengumpulkan data variabel Fasilitas Belajar dan Motivasi
Belajar, sedangkan metode dokumentasi digunakan
untuk mengumpulkan data tentang Prestasi Belajar. Uji validitas dengan teknik
analisis Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha
Cronbach. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan korelasi Product Moment dan hipotesis ketiga menggunakan korelasi Product
Moment Multiple. Metode penelitianya adalah Korelasional
dengan menggunakan pendekatan Ex-Post
Facto dan hasil penelitian ini menunjukkan : (1)
terdapat hubungan positif Status Sosial Ekonomi Orang Tua dengan Prestasi Belajar, hal tersebut ditunjukkan
dari harga r hitung lebih besar dari r tabel dengan N = 92 pada taraf signifikansi 5% (0,434>0,278), (2) terdapat hubungan antara Motivasi
Belajar dengan Prestasi Belajar, hal tersebut ditunjukkan dari harga r hitung lebih besar dari r tabel
(0,329<0,278), (3) tidak terdapat hubungan positif dan signifikan antara Status
Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Motivasi Belajar
dengan Prestasi Belajar, hal tersebut ditunjukkan dari
harga Rhitung 0,556 lebih kecil dari harga Rtabel 0,278.
mau lengkap?? hubungi 0856 5896 4906/ 085379297903, atau juga transfer Rp. 500.000,- ke rekening BRI an. solehudin dengan nomor Rekening: 566501016627538.
0 komentar:
Posting Komentar